- See more at: http://www.exeideas.com/2012/02/all-in-one-seo-pack-plugin-for-blogger.html#sthash.zomQZy6X.dpuf

Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 23 April 2013

Persiapan Wawancara Kerja


Setelah surat lamaran Anda diterima dan Anda dinyatakan lulus seleksi dokumen, kini saatnya Anda dipanggil untuk wawancara. Wawancara adalah salah satu langkah penting bagi perusahaan untuk lebih mengenal Anda dan bagi Anda untuk lebih mengenal perusahaan tersebut. apa sajakah kira-kira yang perlu dilakukan?

Dokumen
    Persiapan wawancara kerja yang pertama adalah menyiapkan dokumen pendukung. Pada saat wawancara biasanya Anda akan ditanya lebih jauh mengenai kemampuan yang Anda tonjolkan dalam CV yang Anda kirim. Untuk itu, bawalah dokumen pendukung seperti fotokopi dan sertifikat asli yang pernah Anda dapatkan, yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar. 

      Namun jika Anda sudah mengirim fotokopinya sebelumnya, bawalah dokumen aslinya saja. Jadi jika pewawancara bertanya, Anda tinggal menunjukkan saja. Jaga baik-baik sebelum meninggalkan ruang wawancara, jangan sampai dokumen asli ini tertinggal. 

Kelancaran berbicara
     Hindari bicara gugup pada saat wawancara. Ini akan mengurangi nilai Anda. Jika Anda diberitahu sebelumnya bahwa wawancara akan dilakukan dalam bahasa asing, gunakanlah bahasa tersebut di keseharian Anda sejak saat itu juga. Agar nantinya pada saat wawancara, Anda sudah terbiasa.

      Kelancaran berbicara begitu penting, jadi berhati-hatilah bagi Anda yang sudah dalam jangka waktu lama tidak berhubungan intensif dengan orang lain, misalnya lama belum mendapat pekerjaan dan tanpa aktivitas lain di luar rumah, karena akan mempengaruhi kelancaran berbicara. Untuk itu, Anda harus berlatih lebih.

Pakaian
       Siapkan pakaian yang rapi dan sopan untuk Anda kenakan saat wawancara. Perhatikan betul kebersihan dan kerapian pakaian tersebut. Siapkan dan seterika pakaian malam harinya sebelum wawancara, agar Anda tidak terburu-buru dan terlambat.

Mental
           Persiapan wawancara kerja yang tak kalah penting adalah mental. Ini adalah hal terpenting yang harus Anda siapkan menjelang wawancara. Yakinkan pada diri Anda sendiri bahwa Anda layak lulus dari wawancara tersebut. Bahwa andalah kandidat terbaik dari seluruh peserta wawancara, dan bahwa Anda sanggup mengemban tanggung jawab tugas yang akan diberikan nantinya setelah diterima. Akan tetapi jangan sampai Anda terdengar sombong dan mengecilkan peran orang lain, karena Anda akan dinilai tidak mampu bekerja secara tim.

Smoga Bermanfaat,

0 komentar:

Posting Komentar