Pernahkan mengalami setelah
selesai bekerja selalu merasa masih banyak hal yang belum sempat dikerjakan?
Apakah diri Anda memakai moto sibuk seperti lebah? Dan jika Anda melakukannya,
apakah Anda pikir sudah seproduktif lebah? Apakah kamu berharap tiap harinya
adalah 30 jam bukan 24? Apakah waktu sangat berharga untuk Anda?
Jika semua jawabannya adalah iya,
maka tips dan trik berikut dibawah dapat dilakukan untuk memastikan bahwa Anda
tidak lagi merasakan hal tersebut dan meningkatkan produktivitas kerja Anda.
Cara menjadi produktif dan
efektif dalam pekerjaan
Hindari semua gangguan
Sms, pesan BBM, email, dan
jejaring sosial seperti Facebook merupakan gangguan umum yang sering dihadapi
di tempat kerja. Tetap fokus pada tugas Anda dan biarkan buat handphone menjadi
silent, dan log off dari jejaring sosial. Semua ini akan membantu Anda menjadi
fokus pada pekerjaan, produktif, efektif dan dapat menyelesaikannya tepat
waktu.
menjadi produktif bekerja
Teliti dan Ingat
Teliti dan perhatikan apa yang
sedang dikerjakan untuk menghindari kesalahan. Bukalah pikiran Anda mengenai
hal yg berkaitan dengan tugas di tangan, tapi jangan sampai memikirkan hal lain
yang tidak berkaitan.
Tuliskan berapa lama waktu yang
diperlukan untuk mengerjakan semua aktivitas / tugas Anda tiap harinya selama
satu minggu. Dengan begitu Anda dapat mengetahui hal-hal apa saja yang
mnghabiskan waktu terlalu lama, setelah itu kenali cara-cara yang bisa Anda
lakukan untuk membuatnya lebih efiesien sehingga produktifitas & efektifitas
bertambah.
Jangan melakukan kerja secara
berbarengan (multitasking)
Penelitian menunjukkan bahwa
berpindah-pindah dari satu tugas ke tugas berikutnya lebih dari 10 kali dalam sehari
berpotensi membuat diri Anda menjadi tidak produktif & efektif. Karena saat
melakukan multitasking, nilai IQ Anda berkurang rata-rata sepuluh poin (minus
lima poin utk wanita, lima belas poin utk pria). Jadi hindari berpindah dari
satu tugas ke tugas lainnya karena akan membuat waktu penyelesaiaan semakin
lama, lebih baik berkonsentrasi hanya pada beberapa tugas perharinya supaya
selesai lebih cepat.
Bekerja pada kecepatan Anda
sendiri
Sebagian besar orang cenderung
membandingkan hasil yang diperoleh dengan hasil yg didapat orang lain dan
selalu bersaing dengan mereka. Jangan biarkan orang lain atau apapun juga
mendikte bagaimana Anda bekerja, tetapkan tujuan Anda sendiri dan fokus pada
yang dikerjakan.
Ambil napas dalam-dalam
Setiap kali Anda merasa buntu
atau pikiran melamun jauh ke hal lain yg tidak penting maka yang perlu
dilakukan adalah mengambil napas dalam-dalam dan mengeluarkannya selama
beberapa kali sampai menjadi fokus kembali kepada pekerjaan.
Beristirahat setelah bekerja
Anda bukanlah superman, tubuh
Anda perlu istirahat setelah menyelesaikan suatu tugas sebelum dapat memulainya
secara produktif dan efektif lagi. Konsumsi makanan sehat sebagai sumber
glukosa utk otak dan minum KOPI supaya tubuh menjadi segar dan tidak cepat
lelah.
Nah sahabat Huders NSC cukup
menarik bukan tips nya hehe, ok bagi teman-teman yang masih baru lulus sekolah
menengah atau yang sudah lulus perguruan tinggi dan belum pernah merasakan
asyiknya bekerja segeralah melamar pekerjaan yang anda inginkan, atau bisa
melalui huders karena huders NSC bertugas menyalurkan bekerja bagi mahasisiwa,
alumni, dan masyarakat umum. Jika teman teman berminat dan punya niat kami siap
membantu caranya isi form nya di nscpolteksby.ac.id/huders lalu klik send dan
team kami akan segera menghubungi teman-teman untuk informasi lebih lanjut.
Terima kasih.
Sumber: http://id.tips-trik.net/karir/tips-hidup-produktif-efektif-dalam-bekerja/
0 komentar:
Posting Komentar